Myrunshort.com, Kebutuhan air susu bagi bayi sangatlah penting karena air susu merupakan makanan pokoknya. Bayi yang masih berusia sangat muda tidak bisa mencerna jenis makanan lain selain susu. Susu bayi yang paling utama adalah ASI. Pemberian ASI eksklusif bagi bayi sangat berguna dan bermanfaat bagi tumbuh kembangnya.

Meski demikian tidak semua bayi dapat memperoleh manfaat tersebut dikarenakan berbagai hal yang menyebabkan bayi tidak bisa mengkonsumsi ASI eksklusif. Agar bayi tetap bisa bertumbuh meski tanpa ASI, maka alternatifnya adalah susu formula. Meski tidak sebaik ASI, susu formula dapat menjadi pengganti maupun pendamping makanan bayi.

Susu Untuk Bayi
Susu Untuk Bayi

Berbagai manfaat dapat diperoleh melalui susu formula. Diantara manfaat dari susu bayi ini adalah sebagai berikut:

  1. Melatih pencernaan. Kandungan zat pada susu formula memang agak berbeda dengan ASI meski didesain agar menyerupai ASI. Perbedaan kandungan tersebut membuat pencernaan ada dua jenis susu tersebut berbeda. ASI sangat mudah dicerna oleh sistem pencernaan bayi. Sebaliknya, susu formula dicerna tidak semudah mencerna ASI. Meski tidak semudah ASI dalam pencernaannya, susu formula mengandung zat yang bisa menyehatkan sistem pencernaan bayi. Zat yang menyehatkan organ-organ pencernaan bayi adalah FOS dan GOS. Zat tersebut membantu memperbanyak jumlah bakteri baik sehingga bayi akan terhindar dari berbagai gangguan pencernaan.
  2. Meningkatkan imunitas tubuh. Fungsi FOS dan GOS yang memperbanyak jumlah bakteri baik berperan dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Bila tubuh bayi kebal, maka berbagai jenis bakteri dan virus penyebab penyakit dapat dihindari. Berbagai kandungan lainnya juga sangat bermanfaat bagi pertumbuhannya. Kandungan vitamin yang juga terkandung dalam susu formula akan membantu menjaga kesehatan bayi. Berbagai nutrisi yang terkandung dalam susu formula dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh bayi. Apabila kebutuhan nutrisi terpenuhi, maka bayi akan tumbuh dengan sehat dan tidak akan mengalami kurang gizi.
  3. Zat penting yang mendukung perkembangan otak dan kesehatan. Kandungan DHA, EPA dan lainnya membantu dalam perkembangan otak bayi sehingga otak semakin cerdas. Kandungan omega 3 dan omega 6 nya membantu menjaga kesehatan kulit dan rambut. Kandungan tersebut juga bisa mencegah terjadinya kerusakan sel yang ada dalam tubuh bayi.
  4. Protein yang tinggi. Tingginya protein yang terkandung dalam susu formula dapat membantu memperbaiki sel-sel yang telah rusak serta menggantinya dengan sel baru. Manfaat lain dari protein yang terkandung dalam susu formula adalah melancarkan metabolisme sehingga bayi dapat tumbuh dengan sehat.
  5. Pelajaran sosialisasi. Bukan hanya manfaat penting bagi tubuhnya, tetapi juga manfaat sosial dapat diperoleh bayi dengan memberikannya susu formula. Bayi secara tidak langsung telah diperkenalkan dengan dunia luar. Apabila bayi diberikan ASI maka ia hanya berinteraksi dengan ibunya saja. Akan tetapi dengan pemberian susu formula, bayi akan mulai berinteraksi dengan orang lain selain ibunya.
Susu Formula Bayi
Susu Formula Bayi

Pemberian susu bayi yang tepat harus diberikan agar bayi dapat tumbuh dan berkembang dengan baik dan normal. Meski susu formula memiliki beragam manfaat, tetapi pemberian ASI adalah prioritas. Pemilihan susu formula merupakan alternatif bila benar-benar tidak bisa memberikan ASI sepenuhnya.

Pemilihan susu formula harus tepat karena banyaknya merk dan varia susu formula sesuai dengan kebutuhan bayi. Kini telah banyak toko online yang menyediakan susu formula dengan berbagai merk dan varian yang berbeda-beda. Kamu tinggal memilih mana susu formula paling tepat untuk bayi Kamu dengan mempertimbangkan kebutuhannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here