Myrunshorts.com, Jaman semakin berkembang begitu juga alat transportasi seperti mobil, mobil keluaran terbaru sudah dilengkapi beberapa fitur dan teknologi canggih sehingga dapat memanjakan penggunanya. Teknologi terbaru pada mobil yang akhir-akhir ini sedang ramai di perbincangkan adalah teknologi Immobilizer, fitur keamanan ini cukup unik karena dapat mencegah pencurian mobil.

Dangan hadirnya fitur dengan teknolgi canggih ini, tentu di sambut dengan baik oleh para pecinta kendaraan roda empat. Mereka menjadi lebih tenang dan tidak khawatir akan kehilangan mobil mereka, karena tanpa kunci asli yang memiliki teknologi Immobilizer mesin mobil tidak akan menyala.

Contoh kunci yang dilengkapi dengan teknologi Immobilizer.

Teknologi Immobilizer bisa dibilang sebagai sebuah sistem manajemen di dalam mesin Electronic Control Unit atau ECU, sistem tersebut dapat mengenali sinyal yang dikirimkan dalam kunci.

Di dalam kunci tersebut telah tersimpan sebuah chip yang memiliki fungsi sebagai sebuah transmitter dan receiver mni. Jika sinyal yang dikirim tidak cocok atau tidak dikenali, mesin mobil tidak akan menyala karena ECU tidak akan mengirim aliran listrik pada mesin.

Sistem immobilizer terdiri dari sebuah transponder yang terletak di anak kunci kontak, immobilizer control unit receiver lampu indikator, IMOES Unit dan ECM (Engine Control Module) atau PCM (Powertrain Control Module).

Saat kunci kontak dimasukkan ke dalam ignition switch dan diputar ke posisi ON, Immobilizer Control Unit Receiver akan mengirimkan sinyal ke transponder di kunci kontak. Kemudian transponder yang tertanam dikunci kontak tersebut akan mengirim balik sinyal yang berisi kode melalui immobilizer control unit receiver ke ECM atau PCM.

Jika kode sesuai dengan kode yang sudah terdaftar pada ECM atau PCM, maka mesin kendaraan akan bisa distarter. Tetapi jika kode yang dikirim tidak sama atau tidak dikenal oleh ECM, maka kendaraan atau mobil tersebut tidak akan bisa distarter atau dihidupkan.

Tentunya mobil yang telah menerapkan teknologi Immobilizer ini tidak dapat dicuri. Terkecuali jika salah satu kunci asli hilang. Hal ini disebabkan meskipun si pencuri tersebut dapat membuka pintu mobil dengan menggunakan kunci duplikat, namun pencuri tersebut tidak akan dapat menjalankan / menyalakan mesin mobil tersebut.

Teknologi Immobilizer membuat mobil aman dari pencuri.

Salah satu cara yang paling mudah untuk mengetahuinya adalah dengan melihat lampu security yang ada pada dashboard mobil. Apabila setelah menekan tombol unlock dari remote kunci dan anda buka pintu pengemudi,lampu security masih berkedip, dan akan hilang ketika anda memutar kunci ke posisi on, itu tandanya mobil kamu sudah ber immobilizer

Meskipun mobil kita sudah ber-Immobilizer alangkah baiknya bagi kita untuk selalu waspada terhadap tindak kejahatan. Parkirkan mobil kita ditempat yang aman & jangan pernah meletakan barang-barang berharga didalam mobil.

Kelebihan dari teknologi Immobilizer sudah jelas mobil menjadi sangat aman dan tidak mudah dicuri, namun hal ini dapat menjadi boomerang jika kita sampai kehilangan kunci mobil yang kita miliki. Meskipun telah berikan kunci cadangan terkadang hal ceroboh dapat datang pada siapa saja, jika kunci sudah hilang atau rusak tentu ini jadi kelemahan teknologi Immobilizer.

Jika kunci mobil dengan teknologi Immobilizer hilang, kamu tidak dapat menggantinya dengan menduplikat kunci seperti biasa. Karena kunci dengan teknologi ini memiliki sebuah komponen khusus dan chip, sehingga jika inggin menggantinya dengan yang baru harus merogoh kocek yang cukup dalam.

Itulah sedikit informasi tentang teknologi Immobilizer, teknlogi yang dapat membuat mobil kamu lebih aman dari kehilangan dan pencurian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here