Myrunshorts.com, Peluncuran roket terkuat sejagat besutan SpaceX yaitu Falcon Heavy, telah berhasil lepas landas dengan mulus. Penerbangan uji coba ini dilakukan di sebuah tempat di Florida Amerika Serikat, tepatnya diluncurkan di Kennedy Space Center. Tiga buah roket atau pendorong telah digunakan untuk menerbangkan Falcon Heavy ini, berselang tiga menit ketiganya berhasil melepaskan diri dari Falcon Heavy.

Setelah berhasil melepaskan diri dari Falcon Heavy,  kemudian ke tiga pendorong tersebut kembali ke Bumi selang lima menit melepaskan diri dari roket. Sayangnya ada insiden kecil yang menodai peluncuran ini, karena satu dari tiga buah pendorong tidak mendarat di tempat yang seharusnya.

Pendorong tersebut terlepas dan mendarat secara bersamaan, tempat mendarat pendorong tersebut berada di Stasiun  Angkatan Udara Cape Canaveral. Namun satu buah pendorong yang tadi kita bicarakan, diprediksi akan jatuh di samudera.

Tujuan Falcon Heavy menuju ke ruang angkasa adalah dalam rangkan uji coba, uji coba ini bertujuan untuk membangkitkan kembali sejarah daru Saturn V dan mengembalikan landasan 39A pada misi antar planet. Tidak di sangka peluncuran ini mengundang perhatian dari seluruh rakyat dunia, hal ini di buktikan oleh antusiasnya beberapa warga yang memenuhi seluruh hotel di sekitar tempat peluncuran.

Alasan besarnya antusias warga ini sudah jelas, karena Falcon Heavy adalah roket terkuat setelah roket Saturnus milik NASA. Hal menarik lainya yang menjadikan peluncuran ini begitu banyak diminati adalah beberapa perbedaan yang ada dalam uji coba peluncuran ini, karena uji coba peluncuran kali ini Falcon Heavy membawa muatan yang tidak lazim mobil mewah Tesla Roadster dan Star Man.

Tesla Roadster dan Star Man.

Berikut ini adalah fakta menarik dari peluncuran roket terkuat sejagad raya yaitu Falcon Heavy.

Membawa Muatan Tidak Lazim

Peluncuran roket terkuat sejagad ini ternyata membawa muatan yang cukup unik, muata yang dibawa adalah sebuah mobil mewah dan sebuah manekin.  Mobil mewah tersebut adalah Tesla Roadster, sedangkan manekin yang dibawa diberi nama Star Man.

Tesla Roadster adalah muatan yang dibawa oleh Falcon Heavy ke luar angkasa.

Manekin tersebut disetting di atas kursi pengemudi pada Tesla Roadster, dengan tangan kanan memegang stir dan tangan kiri disimpan di atas pintu mobil. Tentu saja fenomena ini sangat unik dan cukup nyeleneh, pasalnya mobil mewah tersebut melayang-layang di orbit sekitar bumi.

Jika di perhatikan kita akan melihat mobil lintas luar angkasa bersama seorang pilot di dalamnya, muatan yang dibawa ini memberikan berbagai respon dari seluruh orang yang melihatnya.

Roket Terkuat Di Dunia

Falcon Heavy mematenkan dirinya sebagai roket terkuat didunia, roket ini dibekali dengan 27 mesin yang memiliki daya dorong sebesar 5,13 juta pound of thrust atau setara dengan 22.819 kilonewton. Jika dibandingkan dengan pesawat boeing 747 kekuatan roket ini setara dengan 18 unit pesawat tersebut.

Menghebohkan Dunia

Peluncuran roket terkuat sejagad ini masih dalam tahap uji coba, namun cukup menghebohkan dunia. Para penonton yang memenuhi tempat di Saturn V Visitor dan hotel sekitar tempat peluncuran menjadi bukti, selain itu orang yang menonton peluncuran ini via streaming lebih banyak.

Roket Berbiaya Murah Namun Dapat Digunakan Kembali

Untuk sekali peluncuran Falcon Heavy hanya membutuhkan biaya sebesar 90 juta USD, sedangkan Delta IV Heavy roket setelahnya membutuhkan biaya sebesar 435 juta USD.

Nah itulah fakta menarik seputar peluncuran roket terkuat sejagad, dengan muatan Tesla Roadster dan Star Man sang manekin. Peluncuran ini tergolong sukses dan menjadi sorotan dunia, namun meskipun begitu ada pro dan kontra pada peluncuran Falco Heavy ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here